Memancing Profesi Nelayan dan Hobbi Sebagian Manusia

in #writing7 years ago (edited)

image


Memancing ikan di sungai/kolam bukan hanya pekerjaan nelayan semata, tetapi kegiatan ini ternyata diminati banyak orang. Tidak hanya kaum pria, kaum perempuan pun ada yang menjadikan memancing sebagai hobi yang menyenangkan dan mengasyikkan. Bahkan, hobi yang satu ini bukan hanya menjadi milik orang dewasa, anak-anak juga sangat menyukainya, bahkan sekarang sudah disediakan kolam pancing mania dan sering dibuat perlombaan.

Jangan heran jika para hobi atau pemancing ikan menghabiskan waktu berjam-jam menunggu pancingannya disambar ikan. Bahkan, saat musim libur atau hari libur kerja mereka bisa menghabiskan waktu sehari penuh di bibir pantai, kolam dan disungai. Jika sudah menjadi pemancing maniak, oh jangankan hari libur, kapan saja ada waktu tetap menyalurkan hobinya. Daftar lokasi mancing (leubok) dan jadwal pasang-surut air laut pun sudah di luar kepala.

Rasa lelah dan jenuh bekerja terus menerus selama hari kerja akan hilang seketika pada saat umpan pancing ditelan ikan. Jika ikan sudah kena mata pancing, inilah saat ikan ajak bercanda dan bermain dengan cara ulur-tarik pancing sampai sebuah game berakhir, jika tidak pandai memainkan pancing, maka kemenangan berada pada pihak ikan karena senar pancing putus. Tapi kondisi seperti inilah yang membuat pemancing menjadi penasaran dan ketagihan. Rasanya ingin coba lagi dan lagi.


image


Putra saya Muhammad Rifaa


Kalau sudah kecanduan dan sudah tau dimana nikmat dan asyiknya memancing ikan, maka tidak peduli teriknya matahari, gerimis,datang, atau diguyur hujan seperti teman saya Firman, Tasrizal. Kendati pun orang bilang atau menyindir macam-macam, seperti kata-kata “ pemancing tapi ikan dipasar” atau “mengapa harus ganggu pekerjaan nelayan,” mereka tak peduli dan tidak akan meninggalkan hobbi itu. Karena yang tau rasa nikmat memancing ikan, ya siapa lagi, tentu pemancing itu sendiri.

Saya sendiri termasuk menyukai hobi ini. Karena itu, saya punya cerita bagaimana awalnya terjun ke dunia pancing-memancing ikan. Apalagi latar belakang saya periksnan Pengalaman saya pada saat pertama sekali kecanduan memancing ikan di laut adalah saat praktek pertama kali dilaut krueng Raya banda Aceh saya pegang pancingnya teman, ehh gak nyangka disambar ikan kerapu atau keurape "Red-Aceh" yang beratnya kurang lebih atau lebih kurang 1½ kg. Berdebar-debar rasanya dan berjuta-juta nikmatnya saat mengulur dan tarik pancing. Berat dan kencangnya tarikan membuat saya semakin tertantang. Kendatipun pancing milik teman, tapi saya tak peduli sebelum ikan itu berhasil saya angkat alias saya harus menang.


image


Ini kawan saya Adi beserta anaknya


Nah, karena kecanduan, diam-diam saya beli pancing/joran sendiri kesokan harinya. Sialnya, semenjak saya beli pancing sampai seminggu berikutnya tidak pernah dapat ikan. Disambar ikan pun tidak, apalagi dapat. Sampai-sampai saya diledek sama kawan kawan.


image


Sekarang saya ingin berbagi hal bermanfaat dan dampak positif dalam kegiatan memancing ikan di laut,sungai dan kolam yang saya temukan dan rasakan, yaitu :

*Umpan pancing
Jika ingin mendapatkan ikan besar, maka umpannya juga harus besar. Makhluk laut,sungai bersirip ini sangat memahami arti dari sebuah rantai makanan. Mereka
akan makan sesuai dengan urutan besar kecilnya mulut atau tubuh mereka. Ikan tidak rakus, kalau itu bukan hak dan porsinya,maka ikan tidak akan mengambilnya. Ikan sadar betul kemampuannya masing-masing. Demikian seharusnya dengan manusia. Jangan memakan hak-hak rakyat jelata.
Nah kalau dikolam biasanya menggunakan umpan racikan ini menurut ikan yang ada dalam kolam..

Umpan adalah modal= Jika tida ada modal, maka jangan berharap untuk mendapatkan untung. Baik dalam kehidupan berpolitik maupun berbisnis, modal adalah yang utama. Dan bentuk modal bisa bermacam-macam sebagaimana bentuk umpan pancing yang bervariasi. Ukuran sampai dengan baunya akan berpengaruh pada jenis, jumlah dan besar ikan yang akan didapat.

Mancing dilaut,sungai dan kolam, ikan untuk makan dipasar
By. @muslia


image

Follow Me @muslia

Sort:  

Nice Post @muslia
Terima Kasih Sudah Berbagi..
Teruslah BERKARYA..
Salam Komunitas Steemit Indonesia

Besar kali dapat ikan nyaaa