Guahira yang Berdebu dan Monitor Tabung

in #actifit3 years ago (edited)

img_0.8928619533009811.jpg

Pada suatu Senin, bersama empat kawan, saya berkumpul di pustaka Guahira. Pustaka itu lama tak terurus dan tampak lusuh, cat mengelupas, berdebu sana-sini, tebal-tebal pula, macam tebal cilak dara-dara di hari pekan. Di lain sudut, buku-buku bertumpuk tinggi di atas kursi. Ada macam jenis buku, mulai dari politik, ekonomi, agama, novel dan pertanian. Semuanya berdebu.

Tugas saya dan kawan-kawan di pagi itu adalah membereskan pustaka Guahira menjadi bersih. Empat kawan itu tak salah saya rekrut. Mereka bekerja sesuai ekspetasi. Tak butuh waktu lama menyingkirkan debu yang menempel di dinding dan lantai. Setengah hari kerja beres semua.

Bagi saya, Guahira adalah kenangan dan awal mula saya suka membaca novel dan belajar komputer. Monitor tabung di atas itu adalah kawan akrab saya di Guahira. Sekarang sudah jadi barang rongsokan. Dulunya, setiap pulang sekolah, saya langsung ke Guahira. Menghidupkan monitor membuka aplikasi photoshop, corel draw dan apa saja yang saya suka. Saat itu saya tak tau apa itu internet.

Jelang akhir sekolah menengah, saya baru mengenal internet. Kampus Almuslim menjadi pelopor utama keberadaan internet di Kota Matangglumpangdua, setelah itu muncul beberapa ruko Warnet.

Selesai sekolah menengah saya melanjutkan kuliah di Banda Aceh. Sepeninggalan saya, aktifitas Pustaka Guahira lama-lama memudar dan mati total ketika saya selesai kuliah. Kini saya kembali lagi. Jabatan pengelola saya emban kembali. Di sini awal saya besar dan disinilah rencana saya nanti mengabdi untuk sesiapa saja yang membutuhkan bacaan dan pelatihan. Semoga saja, Pustaka Guahira bangkit kembali.

Sort:  

Congratulations @zeds! You have completed the following achievement on the Hive blockchain and have been rewarded with new badge(s) :

You published more than 80 posts.
Your next target is to reach 90 posts.

You can view your badges on your board and compare yourself to others in the Ranking
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Check out the last post from @hivebuzz:

Hive Power Up Month - Feedback from Day 7

Salam kenal 🙏

Salam kenal juga bang dari Aceh.

Saya dari Jawa Barat, salam buat teman-teman dari Aceh.

Sip bang. Laksanaken

Apa kabar bg @zeds ?

Kalau di sini, ada monitor nganggur, langsung dilirik sama tukang rongsokan 😁

Sehat sentosa kakak @santiintan, disana bagaimana keadaan?
Tukang rongsokan di sini malas ngangkut klo sedikit. Ehehe

Alhamdulillah kabar di sini baik dan sehat, cuma sekarang sudah tidak bebas bepergian, harus vaksin dulu, kangen naik 🚟😔

Sudah begitu kita dibuat keadaan. Mari banyak sabar.

Siap! 👍🏻🙏😊

Siap! 👍🏻🙏😊