Bore Up Honda Karisma atau Supra X 125

in #blog6 years ago

image imageHalo,jumpa dengan saya.Kali ini saya akan membahas tentang Honda Karisma atau Supra X 125.Dengan melakukan Upgrade,Tune Up,Bore Up di motor saya yaitu Honda Karisma X 125D tahun 2006 awal ini.Di sektor mesin HKX dan HSX 125 ini tidak jauh berbeda,mungkin yang berbeda di bagian pengapian seperti CDI, dibagian Magnet juga sepertinya berbeda,dan dibagian lain-lain.Tetapi perbedaannya tidak terlalu jauh.OK,langsung ke ini aja deehhh
Dengan modal pas-pasan saya nekat mau mengerjakan motor saya ini,yang sering dicoba untuk balapan bersama teman-teman saya ini. Pertama dulu saya melakukan bisa dibilang tune up yaitu menghaluskan lubang porting IN dan EX,dan saluran masuk di bagian Intake Manifold.Lalu papas Blok Head.Nahh,itu langkah pertama saya dulu.Untuk biaya porting,papas Blok head sebesar 250.000 rupiah lebih,hanya itu yang saya ubah ,karbu dan apalah sebagainya masih standar ting tung.
Dulu sih digeber cuman dapet 115 itu aja susah banget.Cuman di akselerasi aja yang tambah enteng.Lalu ganti karburator Keihin PE 26,tapi gak tau PE beneran apa enggak,soalnya settingan gak bisa stasioner,maklum harga murah,efek harga murah busi jadi buorooosse,1bulan bisa ganti busi 4-6 kali,ya tapi busi tidak langsung dibuang,beberapa hari kemudian kalo gak punya uang ya busi lamanya masih bisa hidup.Masih belum puas ganti deh Piston Kaze os 100 (cc jadi 135cc) dan Papas Camshaft / Noken As. Dipercayakan kepada bengkel yang saya percayai,kolter nunggu 3 hari akhirnya jadi motor HKX kesayangan ane,habis 340 ribu+oli.Lumayan asik,motor jumping-jumping,dan top speednya waktu ditest di jalan gass poll dapet 130an lebuih,waktu ganti oli olinya bekas dalem mesin cuma tinggal 0,25 liter aja,cuma secangkir gelas.waktu jalan agak nurun juga pernah,tapi gak curam apalagi pake banget bisa bahaya,cuman agak nurun dikit aja,spedo meter motor HKX ane nyampe 138an,klep ane std bawaan motor dari 2006-oktober,kalo pingin ganti,ganti yang ukuran IN 25 EX 22 aja dah cukup.CDI std,knalpot std,maklum motor cuma buat harian nganter muter-muter ,liat balap liar (tapi juga kadang ikut),dan cari cewek (kalo ada yang mau). Dan penggantian part lainnya seperti :

Sort:  

Hi! I am a robot. I just upvoted you! I found similar content that readers might be interested in:
http://radiusracing.blogspot.com/2013/10/bore-up-honda-karisma-atau-supra-x-125.html