Kecil-kecil Berani Berbuah (JM)

in #busy6 years ago (edited)

Nibak kalinyöe ulöun meulampöh, hana that ji-oh diebinëh rumöh, bak jambéé madu uloun peusunggöh, jinöe rakanbeh meuböh pih kana


Steemian sekalian dimanapun anda berada.
Kali ini saya akan menulis mengenai jambu madu (JM) yang saya tanam di samping rumah, jambu madu saat ini sangat digemari masyarakat luas, selain buahnya besar dagingnya juga padat kalau dimakan terasa manisnya tidak ketulungan.hehehe..
IMG20180227121540.jpg


Setelah saya mempelajari cara menanam dan mengembang Jambu Madu secara otodidak melalui googling kesana kemari dan hasil dari menonton youtube, maka saya meminta bibit jambu madu kepada saudara di moulaboh. Alhamdulillah dikasih 3 batang kecil-kecil dalam polibek seukuran 5 cm, tampa fikir panjang langsung saya beli polibek yang besar di toko Tani terdekat.
Nah... Cara pengisian tanah di polibek bisa anda baca di bawah ini:


  • Siapkan media tanah secukupnya.
  • Serbuk kayu untuk mengemburkan tanah
  • Sekam padi lebih bagus dari serbuk kayu untuk menggemburkan tanah nantinya dalam polibek
  • Pupuk kandang / kompos

Aduk keseluruhan secara merata menggunakan sekrop atau cangkol dan dicampur dengan air sekedar untuk membasahi saja. Selanjutnya isi tanah yang sudah di campur dalam polibek jangan sampai penuh, sisakan sekitar 3 cm agar nantinya ketika kita siram airnya tidak banyak yang keluar polibek.
IMG20180227121749.jpg


Masukkan bibit jambu madu kedalam polibek dengan hati-hati serta siram dengan air secukupnya. Setelah selesai siram jambu madu dengan air sehari 2 kali atau sekali juga boleh.
Disini ada yang mengatakan untuk cepat tumbuh buah pupuk dengan Ajinamoto, bahan penyedap yang banyak tersedia di kedai dan toko kelontong, namun setelah saya mempraktekkanya sedikit kebenarannya, hanya mempercepat tumbuhnya cabang-cabang kecil.
Jangan bersedih hati, untuk mempercepat pembuawan anda pakai pupuk Mutiara NPK 16.16.16 warna biru
IMG20180227121846.jpg


Caranya:

  • Taburkan seminggu sekali kira-kira 1 sendok teh pupuk mutiara NPK sekeling batang dengan ukuran 5 cm dari batang, kalau terlalu dekat akan membuat daun muda layu.
  • Cara lain dengan kita mengorek tanah sisi kanam dan kiri batang, lalu masukkan pupuknya dan tutup kembali tanahnya.
  • Cara satu lagi dengan melarutkan pupuk Mutiara dalam air aduk sampai merata dan siram di polibek sekali seminggu.

Jadi ada 3 cara pemupukan dan terserah kepada anda mau pilih yang mana...?
Apabila daunnya dimakan ulat atau hama, boleh anda menggunakan cara tradisional dengan tembakau. Rendam tembakau sekitar 2 jam lalu somprotkan kedaun yang dimakan ulat.
Cara praktis anda beli saja Dupont Lannate 25 wp
IMG20180227121922.jpg


Insya Allah dalam waktu 2 bulan jambu madu anda akan berbuah, begitulah berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam memamfaatkan lahan sempit di samping rumah....

Steemit.gif

Sort:  

Saya suka postingan anda😊

Terimakasih @ykding telah berkunjung ke blog saya. Saya akan berkunjung ke blog anda juga..

Follow safrizal.mus

This post has received a 0.61 % upvote from @speedvoter thanks to: @safrizal.mus.