DIKLAT CREATIVE MINORITY (23-25/03)

in #busy6 years ago

IMG_20180318_184440_319.jpg

Assalamu'alaikum sahabat semua.
Jumat lalu saya minta doa untuk kelancaran Diklat UKM KSM CM, dan kini Alhamdulillah sudah singgah berlalu.
Trimakasih atas doanya.

Diklat Creative muda angkatan 4 ini diselenggarakan di Rusunawa Reuleut dari Jum'at sampai Minggu.
Peserta di ikuti lebih kurang 40 orang dan lebih kurang 35 panitia.
Dimulai dari Jum'at sore , Perseta di haruskan sampai pada jam 15.30 untuk registrasi.
5 menit sebelum jam itu saya sudah sampai dan registrasi sekitar jam 15.40 dengan membawa perlengkapan yang diminta panitia.

Dan sore sekitar jam 17.00 kami diberi pengarahan untuk kegiatan, tak lama kami diarahkan ke kamar masing2 dengan membawa perlengkapan pribadi masing masing. Selain diarahkan kami juga di perintahkan untuk bersih bersih diri dan jam 19.15 harus sudah selesai mandi, dan sholat setelah itu diarahkan untuk makan bersama yang telah di masak oleh panitia dengan membawa perlengkapan makan pribadi.

Setelah makan kami kembali melanjutkan aktifitas dengan pengarahan dari ketua panitia, dan demisioner atau mereka biasa memanggil sesepuh. Kemudian malam itu kami selesai pada jam 12 kurang dan segera diarahkan untuk tidur dan bangun esok paginya.
Namun, saya susah tidur ditempat yang baru. Jam 1 lewat saya baru bisa memejamkan mata. Namun sejam sekali saya terbangun kepanasan dan nyamuk yang selalu mengintai tidur saya.

Sekitar jam 5 kurang beberapa dari kami sudah bangun dan segera menuju kamar mandi untuk mandi agar tidak antri. Namun, rupanya sudah dahulu orang lain masuk dan saya pun harus mengantri nomor 2.
Jam 06.15 kami sudah harus berada di luar dengan menggunakan pakaian olahraga untuk olahraga pagi. Namun saya telat satu menit. Kemudian 07.20 kami sudah harus duduk di tempat makan untuk sarapan pagi. Alhamdulillah saya tidak telat walau semenit.

Kemudian setelah itu siap siap untuk materi dengan menggunakan pakaian rapi juga membawa alat tulis.
Untuk pembukaan berjalan lancar, di buka oleh pembina Creative Minority dan diakhiri sesi foto bersama pembina.
IMG-20180324-WA0022.jpg

Kemudian dilanjutkan materi pertama tentang Persentation Skill oleh Azwar Jafar.
Dimana pada menteri ini kami di ajarkan teknik dalam Persentasi dan mengatasi gugup sebelum dan ketika persentasi atau berbicara.
Kemudian juga kami akhiri dengan foto bersama.

IMG-20180326-WA0067.jpg

Kemudian waktu Zuhur pun sudah dekat kami semua siap2 Ishoma..
Siang itu kami makan bersama.
Lalu kami lanjutkan sekitar jam setengah 2 lewat dengan pemateri Zulfikar Husein mengenai Personal Branding. Namun sayangnya saya tidak mengikuti dengan penuh karena sakit kepala dan pusing. Dan akhirnya saya diantar ke kamar dan suruh untuk tidur.
2 jam lama nya saya istirahat. Azan ashar membangunkan saya dan kami terlebih dahulu untuk sholat.

Kemudian sorenya kami kembali melanjutkan materi oleh ketua panitia Satrian Sastra mengenai Etika dan Komunikasi. Disini kami di bagi ilmu tentang Gelombang Otak dan diperlihatkan parketeknya.

Lalu sorenya kami di perintahkan untuk bersih bersih dan saya adalah orang pertama mandi dan tidak ngantri di beberapa kamar mandi. Senangnya bukan main karena tidak mengantri 😂.

Lalu jam 19.15 kami sudah harus berkumpul. Kami berkumpul bukan untuk makan malam namun untuk menampilkan bakat dari kelompok dan yel yel. Sembari bakar bakar ayam oleh panitia sebagai malam perpisahan dan menu makan malam.
Penampilan ditutup oleh penampilan panitia dan Dilan versi Creative Minority juga di akhiri oleh ketua panitia dengan Muhasabah.
Isak tangis berlomba lomba malam itu.
Dan bisalah ditebak apa yang terjadi setelah itu.

Kemudian dalam kejadian malam itu disisi lain panitia sibuk bersama 3 orang peserta yang tumbang dan lainnya mengarahkan untuk makan malam.
Jam 11 lewat kami bersegera masuk ke dalam kamar masing masing. Dan saya asyik menulis sesuatu.

Kemudian malam itu saya begitu lelah dan lebih cepat tidur dari malam sebelumnya.
Tidak ada terbangun setiap jam namun saya bangun sekitar jam setengah 5 dan langsung segera mandi agar tidak mengantri.
Jam 06.15 sudah berkumpul dengan baju olahraga untuk senam. 07.20 kami sarapan pagi. Lalu dilanjutkan materi terkahir tentang Creative Thinking oleh Bu Ade Muana.
Namun tak seberapa lama waktu berjalan, ditengah penyampaian materi, penglihatan ku gelap, duduk di atas kursi dan tiba tiba aku jatuh ke samping temanku dan aku tak sadarkan diri tiba tiba sudah di angkat ke tempat yang aman,dan di oleskan minyak kayu putih serta di beri air putih gula.
Lalu belum sempat sadar 5 menit aku tak mampu membuka mata dan harus menaiki tangga menuju kamar peristirahatan.
Dengan di pegang kan oleh dua orang panitia kiri dan kanan, saya pun perlahan menaiki anak tangga satu per satu. Namun hampir sampai, beberapa tangga lagi saya pun tak sadarkan diri.
Dan akhirnya saya sadar ketika saya sudah diatasi kasur dengan d temani kakak panitia yang sudah siap siaga menjaga Peserta.

Tak lama setelah saya di beri roti saya kembali disuruh untuk tidur berisitirahat.
Hari ini setelah materi dari ibu Ade peserta melakukan outbond. Dan lagi lagi 2 jam lamanya saya tertidur, dengan dibangunkan oleh suara teman teman yang tengah asyik bermain di luar. Saya pun segera turun kebawah dengan perlahan dan hanya boleh melihat mereka saja tidak untuk bermain.

Kemudian 30 menit lamanya saya duduk melihat keasyikan mereka, akhirnya game ke dua saya diizinkan bermain karena tidak terlalu berat.

Jam pun sudah menunjukkan lebih kurang jam 12 siang. Kali ini panitia tidak memasakkan kami. Dan Kamilah yang menggantikan panitia dengan memasak untuk seluruh panitia dan seluruh peserta.
Ada yang berada di bagian kuali , potong memotong, lalu ada yang berdiri.
Dibagian kuali mereka memulai dengan menggoreng kerupuk lalu menggoreng telor dadar. Telor yang sudah d goreng tadi di berikan kepada saya dan beberapa teman untuk d potong kecil kecil agar semua terbagi rata.
Lalu mereka melanjutkan memasak mie.
Jam 13 lebih kurangnya akhirnya semua sudah terhidang kan.
Satu persatu panitia turun menuju tempat makan dan kamipun memastikan terlebih dahulu panitia makan barulah kami makan.
Tak lama usai makan jam 14 panitia mengarahkan kami untuk kembali melanjutkan outbond. Dan ini adalah game terakhir. Basah basahan juga kotor kotoran dengan tepung.

IMG-20180325-WA0029.jpg

Namun ending dari game ini tiba tiba saling kejar kejaran. Yang kotor mengejar panitia.

Lalu setelah itu kami kembali diarahkan untuk mengambil hadiah untuk sahabat rahasia yang sudah di perintahkan seminggu sebelum Diklat ini.
Satu persatu dari kami maju ke depan dengan menyebutkan 3 ciri dari sahabat rahasia dan mengasingkan secara langsung .
Sejak waktu terpakai, lalu kami diarahkan untuk menuju kedalam untuk melihat poin akhir untuk menyatakan lulus atau tidak nya Diklat kali ini.

Dan ternyata, kekecewaan menghampiri hati ini, poin saya kurang 5 untuk mencapai angka kelulusan 75. Saya kecewa, dan penasaran dimana salah saya karena saya merasa saya tidak nakal selama Diklat. Namun ternyata ada yang berbaik hati memberikan poin nya 5 untuk saya karena panitia mengatakan boleh membantu poin kawan.
Saya sangat bersyukur dan berterima kasih pada dia yang sudah membagi 5 poin untuk saya.

Lalu yang tidak lulus dan lulus bersyarat, kami dikumpulkan dan buka lah kesalahan masing masing. Barulah saya paham letak kesalahan saya yang tak terduga.

Lalu, kami bergegas membersihkan diri dan mengemas barang dan kembali berkumpul mengumumkan juara perkelompok. Alhamdulillah kelompok kami adalah kelompok 4 dapat juara 3 dari 6 kelompok.

()

Lalu,diakhiri dengan berfoto bersama.

IMG-20180326-WA0009.jpg

IMG-20180326-WA0022.jpg

IMG-20180326-WA0016.jpg

IMG-20180325-WA0026.jpg![IMG-20180326-WA0001.jpg]
()

Kegiatan yang sangat bermanfaat menurut saya, banyak hal yang didapat disini dan di pelajari disini.

Reuleut, 23-25 Maret 2018

Sort:  

Semangat CM 💪

Makasih Rena. 😄

Wah bangus sekali tulisannya. Alangkah bangusnya jika di post yidak sekalian. Mungkin bisa di buat part-partnya. Sehingga tidak terlalu panjang seperti ini. Semangat mega

Makasih kak nur saran nya , hehe tak terfikir kan kak.. masuakan yg bagus kak , nanti lain wktu akan d laksanakan kak.