Mengapa Kebaikan Adalah Kekuatan Super yang Menular

in #esteem6 years ago (edited)

Jika Anda telah mengikuti blog saya, Anda tahu bahwa saya adalah mahasiswa baru di perguruan tinggi dan bahwa saya baru-baru ini membuat posting tentang itu berbagi apa yang saya pelajari tentang kehidupan dari hari pertama saya. Dalam artikel itu, saya juga menceritakan bagaimana saya memberikan tempat duduk kepada seorang wanita di sebuah bus kota dalam perjalanan pulang ke rumah, karena alasan sederhana karena saya merasa ingin membantu seseorang.

image

Yah, saya melakukan hal yang sama hari ini untuk seorang lelaki tua, dan sesuatu yang luar biasa terjadi tepat setelah saya memberikannya tempat duduk saya. Hanya dalam beberapa saat, orang lain juga mulai memberikan tempat duduk mereka kepada orang-orang yang membutuhkan lebih banyak. Kebaikan yang ditunjukkan oleh seorang pria acak di bus kota, menyebabkan reaksi berantai dan berlipat ganda secara signifikan.

Seketika, saya mulai merasa nyaman dengan diri sendiri karena tahu bahwa saya telah membuat dunia menjadi tempat yang sedikit lebih baik. Ini membuat saya berpikir, "Bagaimana jika saya melakukan ini setiap hari? Bagaimana jika semua orang melakukan ini setiap hari?" Hal tentang kebaikan adalah, itu menular. Menyebar seperti api. Begitu Anda melihat orang membantu orang lain, Anda tidak bisa menolak tetapi melakukan hal yang sama.

Merupakan sifat manusia untuk ingin mengembangkan hubungan, dan itulah mengapa kebaikan dan kasih sayang adalah alat terbesar Anda untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Ini seperti kode curang untuk mengubah lingkungan sosial Anda tanpa upaya serius. Bagian yang terbaik adalah, ia bekerja hampir selalu.

Kebaikan Sebagai Kekuatan Super

image
Jika Anda melihatnya dengan cara ini, kebaikan seperti kekuatan super. Anda dapat membuat perubahan di sekitar Anda tanpa harus memberi atau kehilangan apa pun. Ini adalah kekuatan super yang orang tahu mereka miliki, tapi jangan sering menggunakannya.

Biarkan saya mengingatkan Anda bahwa setiap perubahan besar dimulai hanya dari satu orang. Jika tidak ada orang lain yang mempraktekkan adikuasa mereka, Anda harus menjadi orang pertama yang memimpin. Segera setelah Anda melakukannya, orang lain akan mengikuti. Sama seperti bagaimana itu terjadi denganku.

Saya tahu itu mungkin tidak terdengar seperti hal yang serius sekarang, tetapi jika Anda berpikir dalam skala besar, semakin banyak orang melakukan ini, semakin baik bagi masyarakat kita secara keseluruhan. Lebih penting lagi, itu mendorong orang menjadi lebih berempati dan memaafkan.

Jika dilakukan dalam skala yang cukup besar, ia bahkan dapat melahirkan budaya baru berdasarkan empati, rasa syukur dan kesopanan secara keseluruhan di antara orang-orang. Ini dapat menggeser mentalitas dan perilaku dalam sekejap.

Misalnya, jika ada masyarakat yang berkembang dari kebaikan, maka orang kasar akan takut menyebarkan kebenciannya karena dia tidak akan diterima sebagai bagian aktif dari komunitas dan tidak akan diberikan manfaat sosial yang datang bersamaan dengan itu. Jadi, satu-satunya pilihannya adalah mengubah sikapnya. Dengan cara ini, kami telah menciptakan manusia yang lebih baik.

Dunia yang Lebih Terhubung

image

Seperti saya katakan, itu sifat manusia untuk ingin mengembangkan hubungan dengan orang-orang, dan jika kita entah bagaimana mampu mengembangkan masyarakat yang berkembang dari kebaikan, maka kita secara bersamaan akan menciptakan dunia di mana orang-orang lebih terhubung secara emosional satu sama lain dan akan menjadi bersedia untuk tanpa pamrih melayani orang lain.

Ide di baliknya sederhana. Kami ingat orang-orang yang baik kepada kami dan telah membantu kami dalam beberapa cara atau yang lain di masa lalu. Dengan psikologi yang sama itu, orang ingin berhubungan dengan orang-orang yang baik padanya.

Reaksi berantai kebaikan sangat kuat, namun diremehkan. Sungguh menyedihkan bagaimana kita semua memiliki kemampuan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih bahagia, tetapi masih hanya beberapa dari kita yang benar-benar menggunakan kemampuan itu. Tapi selama kita terus berusaha, masih ada harapan. Lagi pula,

seperti yang pernah dikatakan Gandhi

jika kita bisa mengubah diri kita, kecenderungan di dunia juga akan berubah. Ketika seorang pria mengubah sifatnya sendiri, demikian juga sikap dunia berubah ke arahnya.

indahnya berbagi

Sort:  

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by baktiya from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Congratulations @baktiya! You have completed the following achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of posts published

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Do not miss the last post from @steemitboard:
SteemitBoard and the Veterans on Steemit - The First Community Badge.

Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!