Sate Sederhana Dari Daging Sapi Kurban

in #food2 years ago (edited)

Selamat siang sahabat Ecency, apa kabarnya? Semoga selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam beraktivitas, Aamiin. Hari ini aku baru sempat membuat postingan dikarenakan kesibukanku sebagai ibu rumah tangga.

Hari ini aku ingin membuat postingan tentang sate. Siapa yang tidak kenal sate? Potongan daging (bisa daging ayam, sapi, kambing, dan lain-lain) yang ditusuk, diberi bumbu khusus lalu dibakar. Aku mencoba membuat sate daging sapi, pemberian dari tetanggaku yang sedang ada kelebihan rezeki.
Tetanggaku, seorang guru mengaji mengurbankan seekor sapi dan beberapa ekor kambing di hari raya Idul Adha, tanggal 10 Juli 2022 yang telah lalu. Alhamdulillah tetangga sekitar rumahnya kebagian daging kurban masing-masing sebungkus daging sapi dan kambing seberat kurang lebih satu kilogram.

Aku pun membuatnya menjadi sate sederhana, dibantu anak sulungku Zahra @frianz13 . Tampilan sate seperti foto di bawah ini :


Sebungkus daging sapi dan daging kambing kurban pemberian tetanggaku, ustadzah Bu Nyai Ida dan Ustadz Ronih. Semoga beliau sekeluarga diberikan keberkahan rezeki dan kesehatan oleh Allah SWT, Aamiin.


Sebelum dijadikan sate, daging sapi dipotong-potong terlihat dahulu, dicuci, lalu direbus. Agar daging lebih cepat empuk, sebelum direbus, sebaiknya potongan daging dibungkus dengan daun pepaya selama lima menit. Dijamin daging lebih cepat empuk ketika dimasak.

Setelah daging setengah matang, angkat dan tiriskan. Setelah beberapa saat, tusukkan potongan daging yang sudah diiris kecil-kecil menggunakan tusuk sate. Lumuri dengan bumbu sesuai selera. Bisa dengan bumbu kecap dengan irisan bawang merah atau bumbu yang biasa digunakan untuk sate. Aku hanya menggunakan bumbu kecap karena aku tidak suka masak terlalu ribet.

Bakar sate di atas kompor khusus sampai matang merata. Sambil dibolak-balik agar sate tidak gosong. Karena aku dan anakku baru pertama kali masak sate di kompor gas, belum berpengalaman, hasilnya tusuk sate ada yang patah terbakar. 😁


Sate yang sudah matang, siap disantap dengan bumbu kacang atau bumbu kecap manis sesuai selera.


Aku membuat bumbu kecap manis untuk disiram ke atas sate. Bahannya sederhana, hanya kecap manis, irisan bawang merah, irisan bawang putih, irisan cabai merah, irisan tomat dan irisan mentimun. Semua bahan diaduk dalam mangkuk kecil.


Alhamdulillah sate daging sapi kurban yang kami buat rasanya enak, empuk dan matang. Semua anak-anakku suka. Semoga kami (aku dan Zahra) bisa membuat sate lebih baik lagi dan lebih enak lagi. Semangat!💪😁


Sate daging sapi kurban aku sajikan dengan potongan kentang goreng, sambal kecap dan saus sambal. Selamat makan. Terima kasih sudah berkunjung ke postinganku. Sampai jumpa di postingan berikutnya.