Kuliner Tegal : Segarnya Nasi Sop Ayam Ala Kota Tegal

in #indonesia6 years ago (edited)

Kuliner Tegal : Segarnya Nasi Sop Ayam Ala Kota Tegal



Tegal yang merupakan salah satu kota di daerah Jawa Tengah yang merupakan bagian dari daerah pantura merupakan kota yang khas dan di kenal sebagai kota "ngapak", bahasa banyumasan yang kental memang membuat kota tersebut terkenal dengan komunikasinya. Meskipun hampir sama dengan bahasa Jawa kebanyakan, bahasa "ngapak" mempunyai intonasi yang cepat dengan beberapa bahasa yang cukup berbeda dengan bahasa Jawa pada umumnya.

Cuaca di kota Tegal cukup terik waktu itu, aku sendiri menaiki mobil untuk menuju ke kota tersebut. Sebenarnya ada beberapa alternatif alat transportasi menuju kota tersebut yaitu dengan Kereta, Bus maupun travel juga ada. Sesaat setelah sampai di kota Tegal awalnya saya bingung karena waktu itu cukup sepi padahal jam masih menunjukan pukul 21.00 WIB, hanya memang banyak lalu lalang bus luar kota dan beberapa mobil serta truk pengangkut kayu.

Setelah masuk ke dalam hotel dan membersihkan diri aku mencoba berjalan-jalan di dekat hotel untuk mencari sesuatu yang hangat. Tak lama setelah menikmati teh hangat dan beberapa gorengan aku memutuskan untuk istirahat, karena keesokan harinya aku harus segera fit dan menikmati kota Tegal yang menyenangkan ini. Hari mulai beranjak pagi yang membuat perutku meronta meminta sebuah makanan untuk dihidangkan :D.


Dalam pikiranku akan mencari tempat yang dekat dengan hotel saja, tetapi ternyata di dekat hotel tidak ada orang jualan seperti warung yang aku inginkan. Maka dari itu aku sedikit memutari kota Tegal untuk mencari sarapan. Setelah beberapa kali memutar akhirnya memutuskan untuk berhenti di salah satu warung di dekat markas "Brimob", Karena agak terburu makan jadi aku lupa memfoto dan nama warung tersebut.

Di dalam warung tersebut terdapat beberapa menu yang dapat dinikmati pembeli, dari mulai nasi soto, nasi lengko dan nasi sop. Sebenarnya dalam hati aku ingin membeli nasi lengko yang merupakan makanan khas kota Tegal, tetapi karena aku ingin sesuatu yang berkuah serta menyegarkan maka dari itu pilihanku jatuh ke nasi sop ayam.


Hampir sama dengan nasi sop yang ada di daerah Semarang, tetapi memiliki sedikit perdaan yaitu pada bagian isinya. Bila sop yang biasa aku makan di Semarang memiliki isian wortel, kentang, tomat dan kol serta ada sedikit tulang ayam, di kota Tegal sop tersebut berisikan wortel, tomat, kol dan sedikit bihun serta sedikit suwiran ayam diatasnya . Bagaimana pastinya para pecinta kuliner sudah membayangkan bagaimana rasanya :D, sabar ini masih belum buka puasa. Untuk penyajiannya sendiri juga berbeda dengna di Semarang, jadi sebelum di beri kuah sop, nasi serta sayuran diguyur dengan kuah sop yang hangat setelah itu penjual baru memberikan kuah sop yang gurih pastinya.

Untuk lauk pelengkap penjual menyediakan perkedel dan tempe yang pastinya sangat menggugah selera bila disatukan. Untuk harganya 1 porsi nasi sop harganya 10rb rupiah, ditambah teh hangat dengan harga 2rb rupiah dan lauk gorengan yaitu tempe dan perkedel seharga 2rb rupiah/buah. Bagaimana para pecinta kuliner? cukup murah bukan? dan pastinya rasanya mantap. Oke tunggu cerita keseruanku selanjutnya saat menikmati kuliner di Indonesia.



Sort:  

Wah, ngelihat fotonya aja jadi ngiler saya mas @agungpriambodo...
Tegal memang banyak kuliner yang Maknyusss, salah satunya Sate Tegal yg juga banyak digemari orang, termasuk saya...hehee...

Terimakasih sdh berbagi mas...
Salam hangat & salam sukses selalu...☕🤗❤

ehhehehe,,,benar mas,,,memang banyak kuliner Tegal yang bikin ngiler,,,hehehe
makasih sudah mampir mas dan salam hangat selalu dari saya :D

Baru nyampe WARTEG, belum ke Tegalnya Mas...

Regards

Hihihihii...tapi sensasi penjualnya sama mas..hehhe

Bedanya sama sop ayam pak min klaten apa gung?hahaha

Beda mbak...kalau ini sop sayur dikasih suwiran ayam...kalau pak min langsung sop ayam mbak..hehhhhe