Humanity's Caring Bansos

in #indonesia6 years ago (edited)

Perjalan menuju pelosok desa yang berada diujung sebuah Kecamatan Kabupaten Aceh Tamiang, yang jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten kota, Bansos yang kami rencanakan kemarin malam telah kami laksanakan, Alhamdulillh berjalan sebagaimana yang telah kami buat skedul perencanaan, dan berkat doa-doa dari para steemian sekalian. Kegiatan Bansos yang kami laksanakan meninggalkan sejuta history yang penuh tantangan dan keseruan tersendiri, dan akan saya ceritakan perjalanan kami untuk berbagi sedikit cerita kepada stimian skalian.

Tepat jam 8:00 kami bergerak ketempat tujuan Bansos, dengan beranggotakan 4 orang anggota komunitas motor trail dan ditambah 2 dua anggota puskesmas, kami, para raider menggunakan motor trail, sedangkan dua anggota puskesmas yang ikut serta mengguna kan motor Honda GL-pro dan Mega-Pro, dari pertama mereka datang, saya sudah merasa aneh, karena medan yang akan kami tempuh merupakan tanjakan pegunungan dan turunan perbukitan yang sangat licin, tapi dengan tekat mereka berdua yang ingin berpartisipasi kami tidak menggubrisnya, walaupun sudah kami peringatkan akan ada banyak debu,lumpur dan bebatuan.

Setelah kami melakukan setengah perjalanan perbukitan dan pegunungan yang sangat gersang, kami memutuskan beristirahat disebuah desa, yang mana desa ini telah dipesan ketua komunitas untuk pejamuan kami dengan buah durian (maklum lagi musim durian), anggota puskesmas yang ikut serta membeli sejumlah durian sebagai oleh-oleh untuk keluarganya dirumah, baru saya ketahui, alasan dan tujuan keikutsertaan mereka adalah ingin membeli buah durian, karena didaerah pedalaman ini terkenal dengan manis dan murah buah duriannya, mereka mengarungkan buah durian dan mengikatnya dibelakang jok dudukan (maca agen buah durian saja bisik saya kepada kawan).

Setelah berpamitan kepada orang kampung setempat kami melanjutkan perjalanan menuju tempat tujuan Bansos, baru menempuh perjalanan kira-kira sikilo meter, saya sadari, ada yang ganjil dengan tangan saya, rupanya sarung tangan saya sebelah kanan ketinggalan, setelah saya memberi isyarat kepada anggota, saya balik untuk mengabil sarung tangan yang ketinggalan, setelah saya mengambil sarung tangan, saya ngebut sendirian untuk menyusul kawan-kawan yang sudah duluan kedepan.

Dari kejauhan saya melihat dua anggota puskesmas telah berhenti di pinggir jalan, saya hampiri dan saya tanyakan apa kendala, "saya jatuh bang" sahutnya, "ban motor saya ga bisa mutar" lanjutnya, "ada luka? saya tanyakan, "ada bang, betis saya kena knalpot" sahutnya, benar saja, ban depan motor penuh lumpur dan kampas cakram macet, sehingga ban motor tidak bisa di gerakkan, setelah kami bersihkan lumpur akhinya ban bisa mutar kembali, karena medan kali ini yang kami tempuh adalah perbukitan dengan lumpur yang sangat tebal, dan dikanan kiri jurang yang sangat dalam.

Setelah setengah harian kami melalukak perjalanan, akhirnya kami tiba di tepi perkampungan yang sangat indah, dengan pemandangan sungai dan dibentengi pegunungan membuat mata terfana dengan keindahan yang Allah ciptakan, tanpa membuang waktu, saya coba abadikan dengan kamera bersama kawan-kawan, sebagai bahan untuk laporan pertanggung jawaban kepada ketua.

Jam dua siang kami tiba di tempat tujuan Bansos, disana telah menunggu masyakat kampung dengan sambutan sederhana tapi sangat mulia, kami memulai proses pengkhitanan kepada seorang anak yatim yang kurang mampu dalam kehidupan, setelah pengkhitanan, kami dijamu makan siang bersama seluruh masyakat kampung, adat didaerah ini terhitung unik, karena tidak boleh ada kenduri sebelum khitanan dilaksanakan, dan makan kendurinya wajib di depan orang yang dikhitan, Alhamdulillah pengkhitanan sukses kami laksanakan dan kami memberikan bantuan kepada anak yatim yang kami khitan tersebut berupa sejumlah uang yang anggota komnitas kumpulkan seacara patungan dan dua lembar kain sarung.

Setelah Bansos kami laksanakan, kami pamit undur diri untuk meneruskan perjalanan pulang, tiba-tiba yang punya hajatan memberikan oleh-oleh perjalanan pulang kami, isinya adalah sepiring ketan dan seekor ayam panggang, Alhamdulillah, semua oleh-oleh kami habiskan diatas getek atau rakit penyebrangan, sudah menjadi adat didaerah setempat memberikan oleh-oleh seperti itu kepada tukang khitan. Kami mengabil rute lebih jauh untuk perjalanan pulang, karena mengingat dua kawan puskesmas yang membawa oleh-oleh buah durian untuk menghindari pergunungan, lumpur dan jurang, mengingat waktu yang sudah hampir magrib.

Akhirnya kami pulang dengan selamat samapai tempat tujuan, walaupun jarak tempuh lebih jauh dari perjalan pergi ke tempat tujuan Bansos, hanya itu yanga dapat saya bagi sedikit cerita kepada kawan-kawan steemian, mungkin menjadi motivasi kepada steemian sekalian untuk lebih peduli dengan kehidupan disekitar kita, bahwa, masih banyak masyarakat yang sangat membutuhkan uluran-uluran tangan kita, mereka meminta tanpa suara, dan kita memberi tanpa suara.

Kesimpulan!

• Buka mata, buka telinga dan buka hati, lihat dan dengarkan jeritan masyarakat yang jauh hidup dibawah garis kemiskinan, mereka butuh bantuan kita-kita yang mampu.

• Dengan kita berbagi, kita mengetahui tentang kearifan lokal yang ada didaerah tertentu.

• Jangan hanya melihat tanpa berbuat, jangan hanya pandai berbicara tanpa merasa. Kalau bukan anda siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Ingat, sekecil apapun yang anda berbuat untuk kebajikan, akan Allah balas nanti di yaumil mahsyar.

@alaydroes83

Sort:

Pekerjaan yang mulia dan juga penakluk kesombongan jiwa. Good job

makasih bang

Posted using Partiko Android

As a follower of @followforupvotes this post has been randomly selected and upvoted! Enjoy your upvote and have a great day!

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by alaydroes83 from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Congratulations @alaydroes83! You have completed the following achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

You published a post every day of the week

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Do not miss the last post from @steemitboard:
SteemitBoard World Cup Contest - The results, the winners and the prizes

Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!

Ini posting yang keren dan telah kami resteem ke 7633 follower yah.. ;-] Sudahkah anda mengklaim airdrop dari Byteball?. (Sejumput kontribusi kami sebagai witness di komunitas Steemit berbahasa Indonesia.)