Tempat penggilingan padi / A rice mill

in #indonesia6 years ago

image

image

Indonesia :

Selamat malam sahabat steemian semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan ambil tema tentang pertanian lagi.
Foto ini saya ambil sore tadi ketika di suruh oleh bibi saya untuk menggiling padi, dan di sini adalah tempat para masyarakat petani di kampung saya untuk menggiling padi hasil panennya. Sebenarnya bukan hanya petani-petani di desa saya saja yang datang ke sini untuk menggiling padinya, tetapi juga banyak petani tetangga desa yang menggiling padi di sini.
Proses penggilingan padi di sini lumayan sangat cepat, hasil berasnya juga bersih dan bagus.
Proses penggilingan padi di sini masih tergolong sederhana, karena melalui dua tahap. Tahap pertama yaitu menggiling padi supaya sekam terpisah, yang di maksut sekam adalah kulit biji padi. Tahap kedua yaitu menggiling padi bersama sekam tadi hingga menjadi beras, dan dari kotoran sekam yang lembut seperti serbuk itu yang di namakan bekatul atau dedak.
Cukup melelahkan bagi saya sore tadi sahabat, karena saya menggiling padi ada kalau tujuh karung. Hasil berasnya di suruh menjual semua oleh bibi saya, karena sebentar lagi akan panen yang ke dua mungkin uangnya untuk biaya panen besok.
Saya rasa cuma itu saja yang bisa saya bagikan di post kali ini sahabat, tidak panjang lebar dan semoga sahabat steemian semuanya berkenan untuk upvote post saya yang sederhana ini hehe.
Terima kasih, selamat malam sahabat steemian semuanya dan sukses selalu buat kalian amin.

English :

Good evening steemian friends all, on this occasion I will take the theme of agriculture again.
This photo I took this afternoon when told by my aunt to grind rice, and here is where the farmers in my village to grind rice harvest. Actually it is not only the farmers in my village who come here to grind the rice, but also the many farmers of the village neighbors who grind the rice here.
The rice milling process here is quite fast, the rice yield is also clean and good.
The process of rice milling here is still relatively simple, because through two stages. The first stage is to grind the rice to separate husks, which in maksut husk is the skin of rice seeds. The second stage is grinding rice with rice husk before it becomes rice, and from soft husk dung like powder that is called bran or bran.
Quite tiring for me this afternoon my best friend, because I grind the rice there if seven sacks. The produce of his rice is ordered to sell all by my aunt, because soon the second harvest may be the money for the harvest cost tomorrow.
I think that's all I can share in this post's best friend, not at length and hopefully my steemian friends are all happy to upvote my post this simple hehe.
Thank you, good evening steemian friends all and success always for you amen.

Sort:  

It's great to see the rice mill in your village and it looks very interesting process! Thanks for sharing. ;)

Thanks again for visiting my blog

You're welcome! ;)

Ok..

Saya suka dengan Postingan kamu @icuz

cek juga postingan saya, follow, upvote atau resteem !
Saling membantu dan berbagi informasi !

Ok mas, terima kasih dan salam kenal aja mas

saya mau tenyak tentang steem, boleh?
ada yang masih belum saya mengerti. maklum bg masih newbie

Wah Sebenarnya saya juga masih pemula mas, hehe

hahaha...
jangan merendah gitu bg, hehe
oia bg, saya cuma mau tanyak, kenapa sya postingan saya banyak yg upvote tapi dollarnya sedikit...?

Bukan merendah mas, tapi memang iya kok. Ya kn kalau masih seperti pemula2 kayak kita ini upvotenya masih nol koma mas, hehe

Nama lainnya selepan,hihihi

Hahaaaa, tau aja nih

iki mesti postingane mas icuz ake sing vote 😉... aku ditransfer yo mas mengko 😬😀

Hahahaaaa, ono ono ae ah

mas icuz ah ... ae ono wae

Aku knopo, hehe

Rapopo wessss

Koyok lagune ruwahe jupe ae ah, haha

oh kok aku ra tahu ngerti toh mas piye se lagune

Kalau kami di Aceh sudah ada pabrik keliling. Yang sudah punya langganan tinggal telpon dan mereka yang datang kerumah. Bayarnya pakai dedak dan beras. He he

Iya di sini juga banyak yang kayak gitu mbak,

Banyak ni rejeki mas @icuz bulan ramadhan ini :D

Ah nggak ada rejekinya mas, berputar terus untuk nggarap sawah hehe

Berkah ramadhan ya mas?

Ah nggak jg mas, hehe

Baru 7 mas lum 20 😁✌

Tetep ruso eh mbak, haha

Asik...yo wes ta pesen 50 karung ya..grtis yo mas..berbuat kebaikan dbulan ramadhan😁

La kok rakus amat mbak, haha

Sekalian ath mas ah..😄

Sekalian apa mbak, hehe

Sekalian yg bnyk mas,biar sekalian cape😄

Kalau tempat kami mesin penggiling yang kerumah

Iya di sini juga banyak mbak yang seperti itu, cuma kadang kan jarang ada yang lewat juga mbak

Selamat siang mas, mau giling padi mas ya

Iya kemarin mas, hehe

Hhehehe ok lah mas

Disini mau panen ya...
Ditempat saya baru mau nanam. Dalam bulan puasa lagi......

Iya ni mau panen yang kedua, tapi hasilnya mungkin kurang bagus karena kurang air

Iyapz giling terus pak😁. Begini enaknya kalau tinggal di kampung, kalau beli beras bisa k tempat penggilingan padi, dapat dah beras berkualitas dan masih baru dan terpenting nih, tidak dicampur sama beras yang busuk apalagi beras plastik euiwwww ngeri bah haha. Hai @icuz salam kenal dan postingan kamu keren😁

Hehe iya mbak terimakasih, salam kenal kembali

Iya sama sama saya suka dengan postingan anda 😁

Ok sekali lagi terimakasih banyak mbak dah berkunjung ke post saya, hehe

Terus kirim yang bagus bagus dan unik kalau bisa ya sekarang saya lagi asik asiknya nih liat pot orang apalagi kalau ada yang lucu hehe

Hehehe insya allah mbak

Hehe, insya allah mbak