Belajar "SerSan" (Serius tapi Santai)!!!

in #indonesia6 years ago

image

Salam Sahabat Steemit!

Jam pelajaran terakhir adalah jam yang membuat siswa disekolah menjadi sangat melelahkan, apalagi jika pelajaran dijam tersebut adalah pelajaran Matematika, pasti bisa dibayangkan betapa resah dan gelisahnya para siswa dalam menjalani pelajaran tersebut. Seakan waktu begitu lama berjalan. Gerah karena kepanasan, perut keroncongan dan mata pun mulai mengantuk.

image

Sebagai seorang guru harus kreatif dalam memikirkan suatu solusi agar siswa tidak merasakan hal yang membosankan dalam belajar.
Saya jadi teringat dengan salah seorang guru matematika saya ketika saya masih SMA dulu. Beliau mempunyai satu cara ampuh agar siswanya merasa senang ketika belajar. Beliau menyebutnya dengan cara SerSan yaitu belajar Serius tapi Santai.

Diawal-awal waktu pembelajaran beliau sangat serius memberikan materi, dan ketika beliau melihat siswanya sudah tampak kelelahan, maka beliau menyelingi pembelajaran dengan berupa permainan. Permainan yang diberikan tentunya bersifat edukatif seperti tebak angka atau bagi siswa yang bisa menjawab akan diberi nilai plus dan lain-lain.

Menurut pendapat guru saya, belajar dijam terakhir tidak perlu terlalu dipaksakan, karena mau dipaksa bagaimanapun siswa juga tidak akan sanggup menyerap seluruhnya dengan apa yang kita ajarkan. Jadi siswa harus diajak santai dalam belajar. "Serius ya serius tapi santai...." begitulah menurut guru saya.

image

Demikian postingan saya malam ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

follow saya @indazu!!!

Sort:  

Salam kenal bu @indazu saya senang kalau semua guru mempraktekkan metode "sersan" ala ibu