Mengenal Pemerintahan Desa Lebih Dekat "PAMONG"

in #indonesia6 years ago (edited)

Sebagai wujud komitmen dari Presiden Jokowi membangun "dari hilir ke hulu", membangun pemerintahan terkecil yaitu desa dengan mengalokasikan dana desa mecapai milyaran tentu bukan sekedar kebijakan mudah bila tidak ada rasa tanggung jawab dari semua pihak terkait. Dalam hal ini pemerintah desa tertinggi yaitu kepala desa atau geuchik (sebutan masyarakat Aceh) harus mengetahui kondisi lapangan baik dari segi teritorial maupun SDM/SDA yang ada di desa kepemimpinan geuchik sendiri.

Seorang Abdi Masyarakat tentu saya harus banyak belajar dari geuchik yang sudah terjun langsung mengenai permasalahan yang ada di desa. Berbekal ilmu yang saya pelajari di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) saya banyak sharing dengan geuchik meunasah cunda, dan dengan beberapa teori yang saya pelajari mungkin bisa diterima baik oleh geuchik saat saya berbincang langsung dengan beliau.

Kasus OTT (Operasi Tangkap Tangan) banyak menimbulkan pembicaraan serius antara saya dan geuchik.. beliau mengatakan bahwa "Saat ini banyak kepala gampong yang tidak mengerti bagaimana manajemen atau sistem pemerintahan yang baik dan benar, sehingga banyak menyalahi aturan perundang-undangan" tutur beliau.. dan beliau juga berharapa bahwa "kedepan dalam pemilihan kepala desa/gampong harus diseleksi dengan baik..dengan proses yang ketat, sehingga menghasilkan kader-kader pemimpin yang handal dalam pemerintahan".

Berkembang era digital tentu menjadi harapan yang baik untuk generasi saat ini.. berbagai kemudahan bisa dengan mudah kita dapat hanya dengan 1 layar dan 1 sentuhan saja. bagaimana tidak? Masyarakat dan media seharusnya bisa mengawasi dan turut membantu untuk ikut mengawasi pengelolaan dana desa. Dengan demikian kita yakin & optimis dana desa transparansi karena masyarakat juga ikut mengawasi. saya berpesan kepada kaum intelek dan pemuda "mari bersama-sama kita sadari bahwa pembangunan desa harus dikawal hingga tercapai pembangunan desa yang sesuai dan Kesejahteraan ekonomi desa dapat meningkat".

Semoga blog saya ini dapat menjadi inspirasi bagi siapapun yang membacanya. Mohon maaf jika penulisan kurang baik atau ada penulisan yang salah. harap dimaklumi.. terima kasih teman-teman yang sudah berkunjung jangan lupa upvote artikel ini.
Cheers Up :)


berbincang langsung dengan geuchik meunasah cunda


foto bersama geuchik

Sort:  

Mantap ji 👍

thank's boss :)