Vapor, Rokok Elektrik Apakah Berbahaya Untuk Kesehatan? [bilingual]

in #indonesia6 years ago

IMG-20180118-WA0019.jpg

Selamat pagi sahabat steemians !
Tadi malam saya mendapat sms dari seorang teman yang isi nya mengajak saya minum kopi di salah satu kedai kopi di pusat kota Bireuen. Tidak lama kemudian saya pun berangkat dari rumah menuju kedai kopi yang sudah kami tentukan.

Good morning Steemians!
Last night I got sms from a friend whose contents invited me to drink coffee at one of the coffee shops in downtown Bireuen. Not long after that I went from home to the coffee shop that we have set.

Begitu saya memasuki kedai kopi tersebut, ternyata di sebelah kiri halaman depan sudah ada gerai liquid vapor, seingat saya beberapa hari yang lalu belum ada gerai itu belum ada. Beberapa langkah saya memasuki kedai kopi itu terlihat banyak asap dan bau yang kuat, saya tidak merasa terkejut karena saya mengenali asap dan bau dari vape.

Once I entered the coffee shop, it turns on the left front of the page there is a liquid vapor outlet, as I recall a few days ago there is no outlet yet. Some of the steps I entered into the coffee shop were a lot of smoke and strong smell, I was not surprised because I recognized the smoke and smell of vape.

Saya mendapati teman saya duduk di meja sebelah kiri dekat dengan dinding bersama beberapa teman saya yang lainnya. Saya pesan segelas kopi saring biasa, dan mulai ngobrol bersama teman-teman saya. Salah satu dari teman saya ternyata sekarang sudah beralih dari rokok tembakau biasa ke rokok elektrik, vaping. Mata saya tertuju ke liquid yang ada di depan saya dan ketika saya melihat lambang mereknya langsung mencuri perhatian saya, “Yaqult”. Saya langsung teringat akan salah satu produk minuman probiotik yang sering saya minum “Yakult”.

I found my friend sitting at the left table close to the wall with some of my other friends. I ordered a regular cup of coffee, and started chatting with my friends. One of my friends turned out to be switching from regular tobacco cigarettes to electric cigarettes, vaping. My eyes were fixed on the liquid that was in front of me and when I saw the brand emblem immediately stole my attention, "Yaqult". I immediately thought one of the probiotic drink products that I often drink "Yakult".

yakult.png

Apakah ada korelasi antara keduanya? Yang satu berbentuk liquid dan yang satu dalam bentuk minuman. Minuman probiotik yang sering saya minum punya slogan “Yakult, Cintailah Usus mu”, kalau dalam bentuk liquid saya tidak tahu slogannya, mungkin “Yaqult, Cintai Paru-paru mu”? saya rasa tidak!

Is there a correlation between the two? One is liquid and one is in the form of a drink. The drink of probiotics I often drink has the slogan "Yakult, Love Your Gut", if in liquid I do not know the slogan, maybe "Yaqult, love your lungs"? I don’t think so!

IMG-20180118-WA0017.jpg

Tidak bisa dipungkiri, akhir-akhir ini Vape atau rokok elektrik sudah menjadi fenomena di Indonesia. Khusus nya di kalangan kawula muda, ini sudah menjadi sebuah trend dan cara lain untuk merasakan sensasi rokok. Mereka beranggapan bahwa rokok elektrik lebih ringan dibanding rokok tembakau biasa. Banyak dari mereka beralih ke rokok elektrik karena percaya dapat menghindarinya dari penyakit jantung atau kanker yang biasanya berhubungan dengan rokok tembakau. Apakah benar vape tidak berbahaya?

Can’t be denied, recently Vape or electric cigarette has become a phenomenon in Indonesia. Especially among young people, this has become a trend and other ways to feel the sensation of cigarettes. They assume that electric cigarette is lighter than regular tobacco cigarettes. Many of them turn to electric cigarettes because they believe they can avoid heart disease or cancer that is usually associated with tobacco cigarettes. Is vape really harmless?

Apa itu Vape?
Vape adalah rokok elektrik yang menjadi sebuah alternatif dari tembakau sebagai pengganti rokok dalam kata lain penghantar nikotin secara elektrik.
Vape memang tidak menghasilkan asap seperti rokok tembakau pada umumnya, melainkan uap. Namun demikian hembusan uap dari vape ini juga akan membuat orang di sekitarnya merasa terganggu dengan uap dan bau yang dikeluarkan oleh rokok elektrik ini, apalagi di ruangan yang agak tertutup.

What is Vape?
Vape is an electrical cigarette that becomes an alternative to tobacco as a substitute for cigarettes in other words electrically conducting nicotine.
Vape does not produce smoke like tobacco cigarettes in general, but steam. However, the steam blast from this vape will also make people around him feel disturbed by the steam and odor released by this electric cigarette, especially in a rather closed room.

vapor.png
img.source

Apakah Vape Berbahaya Untuk Kesehatan?

  • Peringatan dari BPOM ( Badan Pengawasan Obat dan Makanan )
    BPOM memperingatkan kepada masyarakat bahwa rokok elektronik atau vape yang beredar sekarang masih bersifat ilegal dan belum bisa dipertanggung jawabkan kandungan zat berbahayanya. Kebanyakan rokok elektrik ini mengandung zat propilen glikol, dieter glikol, Nikotin dan gliserin pada pelarutnya, sehingga rokok elekronik ini dikatakan berbahaya bagi kesehatan.

Is Vape Dangerous for Health?
Warning from BPOM (Food and Drug Control Agency) - Indonesia
BPOM warns the public that electronic cigarettes or vape in circulation is still illegal and can not be held responsible for the dangerous substances. Most of these electric cigarettes contain propylene glycol, diethyl glycol, nicotine and glycerin in the solvent, so this electronic cigarette is said to be harmful to health.

  • Peringatan dari WHO (World Health Organization)
    WHO selaku badan kesehatan dunia menyarankan agar tidak menghisap rokok elektrik atau vape ini dalam ruangan, apalagi ruangan yang tertutup karena walaupun Tidak mengeluarkan asap seperti rokok tembakau tapi rokok elektrik ini mengeluarkan uap yang jauh lebih berbahaya bagi kesehatan perokok aktif dan para perokok pasif.

Warning from WHO (World Health Organization)
WHO as the world health recommends not to smoke electric or vape cigarette in the room, especially a closed room because although not issued smoke like tobacco cigarettes but this electric cigarette issued a steam that is much more dangerous for the health of active smokers and passive smokers.

Bagaimana pendapat kalian teman-teman steemians sekalian?
Terimakasih sudah singgah dan membaca postingan saya, jangan lupa upvote dan komentarnya.

So, what do you think steemians friends?
Thank you for dropping in and reading my post, don’t forget for upvote and comments.