Kue Tar dari Bos di Hari Ibu (母亲节, mǔqīn jie)

in #indonesia6 years ago (edited)

20180513_224611-01.jpeg

Jika hari ibu di Indonesia diperingati pada setiap tanggal 22 Desember maka tidaklah demikian dengan di Taiwan. Di negeri Formosa ini, hari ibu di peringati pada hari minggu kedua setiap tahunnya. Dan tahun ini hari tersebut jatuh pada tanggal 13 Mei 2018.

Hari ibu adalah hari istimewa yang diberikan kepada kaum ibu, sebagai wujud terima kasih terhadap jasa-jasa para ibu yang telah memberikan kasih sayang kepada keluarganya. Maka tak heran jika pada hari ini berita tentang hari ibu begitu marak di televisi.

Pada hari ibu yang dalam bahasa Taiwan disebut sebagai 母亲节 (mǔqīn jie) para anak akan ke rumah ibunya untuk makan siang dan menyenangkan ibunya dengan kehadirannya. Ada juga yang membawa ibunya untuk makan siang di restoran.

Hari ini seperti biasa, bagi saya sama sekali tak istimewa. Sejak pagi memang banyak menerima ucapan "selamat hari ibu" (母亲节快乐, mǔqīn jie kuaile) namun mungkin itu hanyalah sebuah basa basi dari orang orang yang bertemu dengan saya karena mereka tahu bahwa saya memiliki anak-anak di Indonesia sana.

Saya yang saat ini bekerja merawat seorang pria berusia 50 tahun tak menyangka akan mendapatkan kejutan di hari ibu ini. Pada jam 19 an seorang pria datang membawa sebuah bingkisan yang diserahkan kepada pasien saya. Dari bungkusnya saya bisa mengetahui kalau itu adalah sebuah kue tar. Kepada si pengantar kue, dia pun menyerahkan sejumlah uang. Namun untuk apa si laopan membelinya, sebuah tanya memenuhi pikiran saya.

"Saya beli ini untukmu, selamat hari ibu," kata laopan setelah pria pengantar kue pergi.

"Untuk saya?" Saya masih tidak percaya dengan yang baru saja saya dengar.

"Iya."

"Ini terlalu istimewa, laopan"

"Tidak, kamu telah merawat saya dengan sangat baik. Ini adalah tanda terima kasih dari saya."

"Laopan, Anda teramat baik." Kalimat itu hampir tak bisa saya keluarkan karena berhenti di tenggorokan. Dan ketika melihat mata saya berembun, dengan cepat si bos menyuruh saya untuk segera memotong kuenya.

Sebelum saya memotong kuenya, laopan menyanyi lagu mama hau dengan suara beratnya, sama sekali tak merdu tapi membuat saya merinding terharu.

shi shang zhi you ma ma hao
Mama adalah satu-satunya yang tersayang di dunia ini
mei ma de hai zi xiang ge cao
Tanpa ibu Anda seperti seutas rumput
li kai ma ma de huai bao
jauh dari hati ibu
xin fu na li zhao
dimana kamu akan menemukan kebahagiaan?

Hari ini menjadi hari istimewa bagi saya. Saya dipaksa dengan berkesan untuk ikut merayakan hari ibu.

Taiwan, 13 Mei 2018
IMG-20180327-WA0018.jpg

Sort:  

Saya jadi ikut terharu, lebih terharu lagi klo dapat sepotong😁

Potingan kuenya ga tersisa.. kuhabisin. Hahaaaaaaa rakus nian diriku

Selamat hari ibu

Terima kasih teman seperjuanganku

Kembali kasih buu

Selamat makan kue mba Yul
Ini bukan basa basi

Pas baca ini kue sdh tinggal potretnya saja. Btw thank you

Alhamdulilah......selamat hari ibu mba yul

Untuk mu jua mba ainee

selamat hari ibu bu @yulianti101 walaupun telat hehehe

Paragraf yang terakhir bikin aku menyanyi
Mama Hao??