HF&20 (Hasil Fotografi dan 20 Pelajaran)

in #life6 years ago

image

Setelah tidak melakukan posting selama beberapa waktu terakhir, sambil belajar menjadi bijaksana, melatih kesabaran dan belajar secara perlahan. Malam ini saya kembali memberanikan diri untuk menulis tentang pengalaman saya selama menunggu waktu proses perbaikan sistem blockchain di steemit. Semoga gerak jari, ide di kepala dan aliran kata seiya sekata dan berguna untuk sesama steemian pemula seperti saya.

image

Awal bijaksana karena kebijakan

Kamu melihat bagaimana ekspresi kucing di atas ? Mungkin beginilah reaksi bagi saya dan beberapa kawan steemian lainnya yang baru bergabung di steemit saat mengetahui bahwa ada Hard Fork 20. Kami semua terkejut, panik dan sedikit kecewa karena tidak bisa melakukan postingan, vote dan berkomentar. Apalagi saat proses HF20 terjadi semangat saya untuk melakukan postingan sedang tinggi-tingginya untuk mengais "sejumput reward" dan "secuil steem".

Menjelaskan apa itu HF20 bukan perkara mudah, saya pribadi tidak kompeten untuk menjelaskannya. Intinya adalah tentang perbaikan sistem pada teknologi blockchain di steemit. Apa perbaikan yang dilakukan ? Jangan bertanya kepada saya. Saya adalah user yang mencoba bersikap bijaksana untuk tidak sok tau, bagi saya menerima keadaan ketidaktahuan tersebut dengan belajar bersikap, menerima saran dan memanfaatkan waktu perbaikan tersebut jauh lebih urgen.

Beruntungnya @eu-id #esteem-university-indonesia dan @arteem menjadi wadah yang tepat untuk saya belajar dan memelihara harapan dan semangat saya untuk bisa lebih baik menjadi steemian di masa yang akan datang. Sebaik-baik sikap bagi seseorang dalam memanfaatkan waktu adalah dengan tetap belajar bukan ? Apapun wadahnya, dimanapun belajarnya, bersama siapapun silahkan. Saat ini bagi saya @eu-id #esteem-university-indonesia dan @arteem adalah tempat belajar yang sangat saya rekomendasikan, baik untuk pemula maupun yang sudah senior di steemit.

image

Secara aktif dan serius @eu-id #esteem-university-indonesia menggunakan moment kesepian segala jenis transaksi di #steemit dan mengisinya dengan proses belajar mengajar dengan agenda kegiatan yang jelas. Para edukator melihat saat ini adalah waktu yang tepat untuk menguatkan kapasitas esteemian indonesia. Para edukator @owner99, @alaikaabdullah, @fararizky, @ammachemist, @arie.steem, @foways "turun gunung" dan tanpa lelah berorasi di malam hari untuk mendistribusikan ilmu (transfer knowledge) yang mereka ketahui.

Disinilah saya berpendapat bahwa ternyata kebijaksanaan itu bisa diajarkan, bisa dilakukan bersama dan tidak selalu bergantung kepada seseorang. Saya pribadi masih bisa melihat keselarasan antara sikap menghadapi peristiwa HF20 dengan sesuatu yang berharga ditunjang pembelajaran berharga. Mari bijaksana berjamaah.

image

Mendalami Fotografi

Salah satu penunjang reward dalam postingan saya selama ini dan mendapatkan apresiasi yang baik adalah dalam bidang fotografi. Dan menghadapi masa jeda ini saya mencoba untuk lebih serius dalam bidang ini. Selama bergabung di steemit saya mengadalkan kamera smartphone tanpa ada alat penunjang lainnya. Mengutak atik setelan kamera smartphone ternyata sangat asyik dan berbanding lurus dengan hasil yang saya dapatkan.

Amatiran mungkin adalah julukan yang tepat untuk saya saat ini, karena kalau hendak dijuluki fotografer masih sangat berat untuk saya. Bagaimanapun seorang fotografer bukan saja bicara tentang masalah hasil jepretan namun dasar-dasar ilmu fotografi sudah harus dikuasai. Dan untungnya dunia fotografi mendapatkan tempat yang baik di steemit.

Berangkat dari sebuah hobi, perangkat fotografi terbatas serta tema fotografi yang masih gado-gado sudah barang tentu menjadi tantangan tersendiri dan modal awal buat saya pribadi. Sehingga saat #esteem-university-indonesia menjadikan dunia fotografi sebagai agenda kelas belajar, saya merasakan gayung bersambut dan inilah kesempatan saya untuk mewujudkan keseriusan saya di bidang ini. Saya juga berharap kepada kawan-kawan seperti @deltasteem dapat berbagi dengan saya.

image

20 Pelajaran

Seperti judul di atas yang cenderung memplesetkan arti HF20, maka tanpa bermaksud melecehkan pemberi istilah tersebut, saya melihat beberapa hal penting untuk saya pribadi yang selama ini memperoleh ilmu dari mana saja datangnya.

Pelajaran-pelajaran disini saya rangkum menjadi 20 pelajaran penting yang berasal dari sosok-sosok steemian berpengalaman serta muncul dari grup belajar esteem university indonesia @eu-id dan grup komunal redfish tumbuh bersama @arteem. Dari sudut materi ada yang bersifat berita, motivasi, filosofi dan nasihat. Beberapa pelajaran tersebut saya rangkum sebagai berikut :

1. Pengenalan Dasar Blockchain.

........................................ Allahu akbar, Allahu Akbar (Waktu Magrib telah tiba, saat para muslim harus menghadap Sang Pencipta).

Kawan-kawan steemian, kita lanjutkam besok ya, sembari menunggu tulisan saya berikutnya. Saya harapkan pendapat kawan-kawan untuk beberapa hasil Fotografi saya di atas. Terimakasih.

[All Pictures taken original by me]
[Camera maker : Canon EOS 800D]
[Date taken : September 27, 2018 Time : 13.42 WIB]
[Location : Gampong Blang, Aceh Jaya, Aceh, Indonesia]

[Author : @khaimi]


How do you think after look my photography ?? If you interesting, please drop your comment, opinion, correction and sugestion then follow me to get spirit for some exciting post in near future. God Bless You.

My best regards

@khaimi

Posted with eSteem

Sort:  

keep steeming brother .... don't ever give up 😉

@yati : terimakasih ya. Semoga kita bisa belajar sama-sama nanti, jangan lupa hadir ke kelas @esteemapp ya. Ingat #esteem-university-indonesia @eu-id

Posted using Partiko Android

luar biasa.semangat bang...

Terimakasih atas ilmu @deltasteem.

Posted using Partiko Android

Nice shots!

Thank you so much @vanessapineda. Anything correction there my friend ?

The post contains some beautiful pictures but the writing is not in English. Anyway, nice post.

Posted using Partiko Android

The post contains some beautiful pictures but the writing is not in English. Anyway, nice post.

Posted using Partiko Android

Tulisan @khaimi mengalir dengan semakin halus, terangkai dengan baik dan terhubung saling berkaitan antar paragrafnya.

Senang deh melihat perkembangan ini, dan dalam segi fotografi, hasil-hasil jepretannya juga semakin menarik dan bagus! Kereen.

Semangat terus dalam menimba ilmu ya, Dek! Dan yang terpenting adalah, membaginya kembali bagi sesama yang mau menyerapnya. :)

Great post!

Tetap semangat ya...
Ikut senang, karena @arteem bisa bermanfaat bagi para steemian

Loving the color on that dragon fly. Looking good