Tanaman Untuk Meningkatkan Sumber Air

in #news6 years ago (edited)

Memilih prinsipnya menanam satu pohon saja di halaman rumah, akan memberikan manfaat bagi rumah tangga anda. Karena Terutama pada rumah tangga yang kerap kali mengalami masalah air, seperti kekurangan pasokan air karena dataran yang tidak terlalu rata. Atau tanah yang terlalu gembur.

Maka saya disini akan membahas tentang tanaman apa saja yang cocok ditanam sehingga bisa untuk meningkatkan sumber air :

1. Pohon jati

image

Bagi Anda yang memiliki halaman yang luas, pohon jati bisa menjadi sumber air yang berlimpah. Hal ini terbukti di Gunung burnitelong, Aceh. Masalah kekeringan tak lagi dialami masyarakat yang tinggal di kawasan hutan tersebut sejak gerakan menanam pohon jati digalakkan sekitar beberapa tahun lalu.

Herannya, Jika batang pohon jati dipotong, maka pohon tersebut akan tumbuh tunas baru. Meski saat musim kering, pohon jati sedikit menipu, ia kering namun tetap menyerap air. Selain menyerap air, manfaat lain dari pohon jati di antaranya daun yang bisa digunakan untuk membungkus makanan sebagai pengganti daun pisang.

2. Bambu

image

Tanaman bambu menyerap 90 % air hujan, 10 % nya menguap. Bayangkan, jika pekarangan rumah Anda ditanamkan bambu, pasti jumlah air yang menyerap ke tanah dan terserap ke sumber air akan berlimpah. Setelah 1.5 tahun menanam bambu, debit air di sumur akan meningkat.

3. Rumput

image

Rumput akar misalnya, bisa tumbuh di segala jenis tanah, Hebatnya rumput setinggi 1-1,4 m ini memiliki akar 2.5 meter yang memiliki daya serap tinggi. Rasanya tak sulit menyisakan lahan di rumah untuk menanam rumput untuk mengingkatkan debit air di rumah tangga.

Sejumlah tanaman lain yang berfungsi mengikat air atau pencegah erosi di antaranya, nangka, beringin, manggis, rambutan, dan matoe (tanaman asal sulawesi hampir sama dengan pohon rambutan).
Namun, sejumlah pohon memang lebih layak ditanami dalam lahan yang lebih besar, seperti jati. Rasanya tak mungkin menanam jati di area rumah yang lahannya kecil, nye kon?

Terus, tanaman atau pohon apa saja yang tepat ditanam di kawasan bercurah hujan tinggi? diantaranya : kelapa sawit, lamtoro, pinus, ekaliptus (kayu putih), dan cemara.

"Tanaman ini memiliki tingkat penguapan yang sangat tinggi, seperti ini cocok ditanam pada kawasan bercurah hujan tinggi,".

Kunjungi juga :


Jadi, jika masih mengalami kekeringan di rumah Anda, segera sediakan lahan tanam, tanam pohon dengan penyerapan yang tinggi. Baik itu daerah yang kering atau daerah yang bercurah hujan tinggi.

Follow Kami : @ikbal1 @aragonboy @army1

Sort:  

This post has received a 83.92 % upvote from @fredrikaa thanks to: @ikbal1.

Hi! I am a robot. I just upvoted you! I found similar content that readers might be interested in:
http://hsgautama.blogspot.com/2015/08/tanaman-yang-cocok-untuk-menyimpan-air.html