demam panggung

in #problem6 years ago

malam teman-teman, apa kabar ? :) aku harap sehat selalu dan dalam keadaan bahagia yang selalu bersyukur,.. karena siapa yang bersyukur kepada ku atas nikmat yang ku berikan kata ALLAH, maka akan ku tambah nikmat itu.
di goresan pena ku kali ini yang tak seberapa. saya ingin berbagi pengalaman .
anda pasti merasakan ketakutan yang berlebihan saat berhadapan dengan yang namanya panggung. saya adalah orang yang juga merasakan hal yang demekian. sebelum menaiki panggung, saya sudah merasakan takut, bergetar, detak jantung tak karuan, berkeringat dan cemas bahkan sampai sakit perut terkadang. karena di awal sudah tegang pada saat memberikan materi saya jadi tergesa-gesa dan banyak materi penting yang lupa untuk saya sampaikan. jadi, saya merasa kesal dengan diri saya yang selalu seperti itu setiap maju ke atas panggung. saya mencoba melawan rasa itu akan tetapi sangatlah susah untuk di kendalikan. akhirnya saya bisa mengendalikan rasa itu dengan beberapa tips yang saya dapat kan yaitu :

  1. kuasi materi yang akan anda sampaikan
  2. berlatih sebelum tampil
  3. percaya diri
  4. jangan pikirkan yang bukan-bukan sebelum tampil
    5.penampilan juga harus di perhatikan (pakaian dll)
  5. beri dorongan atau motivasi pada diri anda sendiri dengan berkata "aku bisa"
  6. saat melangkah ke atas panggung tersenyum dan maju lebih depan
    8.tetap tenang
  7. tarik nafas, diam sejenak sebelum memulai, cari waktu yang pas saat memulai berbicara (saat audien senyap)
  8. keraskan volume suara anda pada saat menyampaikan materi
  9. mengerakan bagian anggota tubuh pada saat menjelaskan
  10. jangan hiraukan orang mengannggu konsentrasi anda
  11. fokus dan jangan terlalu cepat dalam menyempaikan (tergesa-gesa)
  12. buat lah sedikit gurauan jika memungkinkan
    ini adalah tips yang saya gunakan semoga bermanfaat, jangan sampai kata-kata "naik tanpa persiapan turun tanpa penghormatan" mengenai anda. IMG-20171221-WA0006.jpg
Sort:  

Congratulations @desid6922yakusa! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes received

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.

To support your work, I also upvoted your post!
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!