Ini Baru Pelayanan Masyarakat

in #steemit6 years ago

Salaam All Steemian..
Semoga semua dalam kondisi terbaik..

Menjelang puasa, tentu banyak yg ingin dikerjakan. Inginnya seluruh tugas diselesaikan sebelum Bulan Puasa. Tujuannya hanya satu: agar saat mengerjakan tugas tersebut, masih bisa minum dan makan.
Tidak terkecuali saya tentunya hahaha

Menjelang Ramadhan, saya baru ingat harus membayar Pajak Motor adik yang sudah 3 tahun lebih tidak dibayarkan.
Sssttt... jangan bilang-bilang yah kalau adik ga bayar pajak selama 3 tahun, nanti kena tilang Bapak Polisi hahaha.

Akhirnya saya lah yang sediakan waktu untuk pergi ke Kantor Samsat Depok untuk membayarkan pajak motor yang tertunggak, karena kebetulan motor tersebut hendak saya manfaatkan, sehingga sayalah yang harus mengurus pajaknya hehehe.

Seperti biasa, sebelum berangkat maka malam sebelumnya saya browsing untuk mengetahui jam pelayanan dan dokumen-dokumen apa saja yang harus saya siapkan.
Sebelumnya, sudah terbayang bahwa akan sangat panjang antrian dan akan sangat lama pelayanan pembayaran pajak serta akan begitu banyak calo yang berusaha menawarkan jasa bantuan, seperti pengalaman beberapa tahun yang lalu.

Dari hasil pencarian informasi melalui Mesin Pencari di Internet, diperoleh informasi-informasi yang saya perlukan antara lain:
Jam pelayanan mulai pukul 8:00
Dokumen yang diperlukan copy KTP, copy BPKB, copy Pajak dan tentunya copy STNK serta seluruh dokumen tersebut dimasukkan ke dalam Map.

Sempat juga hati ini ragu, karena seluruh dokumen yang diperlukan belum sempat saya copy. Namun ternyata dijelaskan bahwa seluruh dokumen bisa di copy di lokasi Samsat dengan biaya hanya Rp5000 saja.

20180515_080358.jpg

Akhirnya dengan menggunakan Commuter Line, saya menuju Samsat Depok dan sampai di Samsat jam 7:30.
Surprisingly, pelayanan Samsat sudah dibuka.

20180515_075748.jpg

Ternyata jam pelayanan dibuka lebih cepat dari resmi nya.. Wow.. hebat betul pelayanan Samsat Depok.

20180515_080305.jpg

Setelah saya copy semua dokumen yang diperlukan, langsung saya menuju lantai 1 gedung Samsat utk pembayaran pajak.

20180515_074349.jpg

Lagi-lagi saya terkejut, krn ternyata sudah siap seorang Polisi yang membantu saya check seluruh dokumen dan bahkan mengurus perubahan nomor NIK KTP karena saat membeli motor menggunakan KTP lama yg belum KTP elektronik, sehingga nomor NIK harus di update di database Samsat.

Saya hanya diminta menunggu beberapa saat saja, tidak lebih dari 30 menit saya dipanggil oleh kasir utk membayar seluruh pajak disertai denda keterlambatan.
Setelah semua dibayar, langsung saya peroleh STNK dan Bukti Bayar Pajak.
Selesai sudah seluruh proses Pembayaran Pajak Motor adik saya hanya dalam waktu 30 menit saja.

Benar-benar luar biasa pelayanan Samsat Depok.
Terimakasih Samsat Depok.
Semoga pelayanan seperti ini telah menjadi Standar Pelayanan diseluruh Samsat di Indonesia.

Teman-teman Steemian, ayo kita kerjakan semua keperluan kita sendiri yang berhubungan dengan Pelayanan Publik, karena Pelayanan Publik kita sudah semakin baik.
Semoga Negeri Indonesia kita tercinta semakin membaik, membawa kemakmuran untuk rakyat.

Salaam hangat,
Indra "Jabrik" Prakoso

Sort:  

Congratulations @jabrik! You received a personal award!

1 Year on Steemit

Click here to view your Board of Honor

Do not miss the last post from @steemitboard:

Saint Nicholas challenge for good boys and girls

Support SteemitBoard's project! Vote for its witness and get one more award!

Congratulations @jabrik! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 2 years!

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking

Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!