Merenung Hidup Sendiri

in #story6 years ago (edited)

Awal dari sebuah perjalanan sendirian. Bukan suatu masalah, melainkan suatu kemandirian yang harus ditanamkan saat jauh dari kalangan biasanya. Memang terkadang hidup ini mempunyai cerita unik tersendiri. Belum lagi masalah-masalah yang panjang bila diurai. Kali ini tidak membicarakan tentang masalah, akan tetapi sebuah kesendirian yang membuat ketenangan. Artinya sendiri itu juga penting. Tapi jangan masuk ke stase kronis untuk berlama-lama untuk sendiri.

image

Ketenangan untuk berdiam sendiri, tidak bersua dikalangan orang banyak membuat rasa ini lebih tenang dari sebelumnya. Awal dari sebuah perjalanan kecil saya mengujungi pantai. Ombak yang tidak tenang, angin yang begitu sejuk membuat suasa disore hari tersebuat terasa berbeda nuansa dari biasanya. Maka, terlintas dalam pikiran saya. Hidup dengan sendiri akan sulit dilakukan ketika dunia ini meminta kita untuk butuh pertolongan orang lain.

image

Oleh karena itu, hal positif dengan rasa bersyukur selama ini masih diberikan rasa sosial buat sesama. Terkesan saat masa sulit menjadi solusi bersama baik keluarga, teman, kerabat yang selalu siap dalam menampung ataupun memberi solusi ketika kesulitan terjadi pada diri kita. Nah, hal yang seperti membuat rasa sendiri menjadi acuan untuk bisa mengenal lebih banyak lagi akan sebuah pertemanan. Tidak boleh berdiam diri tanpa bersua dalam mejalankan kehidupan ini sebagai manusia 'sosial'.

image

Dengan demikian, sore pun menghampiri dengan cerita singkat sendiri di pantai membuat saya diajak untuk pulang. Jadi, dapat disimpulkan ketika arah dan tujuan hidup ini benar-benar harus dipahami. Hidup bersosial tinggi membuat dupan ini lebih baik dan berarti. Bukan menyendiri untuk selalu menjauhi, karena bisa membuat anda terbunuh diri ketika dilakona dan pasif terhadap lingkungan (sosial).

image

Regards @agusmaulidar

image

image

Sort:  

plz follow upvote and comment