Khasiat Bengkoang

in #story5 years ago

Sahabat Steemian, apakah anda mengenali buah yang satu ini ? bentuknya bulat, dan biasa di nikmati untuk sajian rujak. Ya bengkoang, buah yang satu ini memang menjadi buah yang wajib ada di sajian rujak, dan juga asinan buah. Rasanya langsung terbayang renyah, dan segarnya bengkoang ya. Bengkoang terkadang di kenal sebagai lobak Mexico, dengan nama "*Jicama*" di tempat asalnya. Tanaman termasuk jenis umbi-umbian, dengan masa tumbuh 4 bulan dari tunas, hingga panen. Pernah melihat bengkoang di habitat aslinya tidak ?
![image]()
[Source]( https://www.faunadanflora.com/cara-budidaya-bengkoang-organik-yang-baik-dan-benar/)

Bengkoang tidak hanya bisa mencerahkan kulit saja, namun ternyata bengkoang mengandung alkali, yang dapat menurunkan asam lambung bagi anda memiliki penyakit mag, informasi selengkapnya berikut ini. Ya sahabat steemian, kalau sudah melihat bengkoang seperti, rasanya tak sabar ingin memakannya ya, cuci bersih dulu sebelum mengupas kulitnya. Eitss ! tapi jangan hanya memakannya begitu saja sahabat, ternyata banyak cara untuk menikmati bengkoang, sekaligus merasakan khasiatnya yang luar biasa.

Sahabat, apakah anda pernah melewatkan jam makan ? Jangan sepelekan kebiasaan yang satu ini. Kebiasaan buruk melewatkan waktu makan, akan membuat asam lambung naik yang menyebabkan penyakit, yang di sebut dengan mag. Sakit mag, atau yang di kenal juga sebagai dispepsiya merupakan salah satu masalah kesehatan yang sudah tak asing lagi di telinga. Kondisi ini terjadi karena radang di dinding lambung bagian dalam, rasa sakit seperti perut atau panas dari leher hingga bagian tengah perut, merupakan gejala umum dari sakit mag. Sebelum ke dokter, ada baiknya anda coba dulu ramuan rumahan yang mudah di buat dan dapat menurunkan asam lambung anda. Siapkan bahan-bahannya, kita memerlukan bengkoang, serta garam. Sedangkan peralatan yang di butuhkan adalah parutan, sendok, dan mangkuk. Mari mulai meramu, pilih bengkoang yang segar dan bersih seperti ini ya ?


image
Source

Belah dua bengkoang lalu kupas kulitnya. Kulit bengkoang tidak terlalu tebal, sehingga mudah untuk di pisahkan. Kemudian siapkan parutan dan parut daging bengkoang, selanjutnya peras dengan tangan. Bengkoang mengandung air yang cukup banyak, sehingga mudah untuk di keluarkan sarinya, lakukan hingga gelas penuh. Terakhir beri satu sendok teh garam, ini dia ramuan alami penurun asam lambung ala bengkoang, ramuan ini juga anda gunakan sebagai masker.


image
Source

Kandungan senyawa alkali dalam bengkoang dapat mendinginkan bagian perut dan menurunkan asam lambung, sedangkan atrium florida pada garam dapat meringankan peradangan. Minumlah ramuan ini, jika anda merasa asam lambung sudah naik, gejalanya bisa di tandai dengan perut terasa kembung dan nyeri pada bagian lambung. Selain itu meminumnya secara teratur juga dapat menjaga kondisi pencernaan dengan baik. Nah yang paling penting, jangan terlambat makan lagi.

Menikmati makanan bersantan dan tinggi kalori memang terasa sungguh lezat, namun berhati-hatilah kolesterol anda bisa naik. Jika kadar kolesterol naik, maka tubuh langsung bereaksi dengan sakit pada bagian leher belakang, kepala, bahkan tubuh bisa menjadi lemah. Kolesterol tak hanya menyerang kaum tua saja, muda-mudi pun harus waspada, jika gaya makan yang tak sehat, imbangilah gaya hidup anda dengan olahraga yang teratur, minimal jalan cepat, atau lari di pagi hari, agar kalori dalam tubuh di hancurkan dan melatih jantung, sehingga tubuh terasa lebih kuat dan bugar.

Selain berolahraga dan menghindari makanan tinggi kalori, anda juga bisa menurunkan kolesterol dari bahan-bahan berikut ini, tentunya masih menggunakan bengkoang. Bahan-bahannya adalah bengkoang, tomat ceri, bawang putih, minyak zaitun dan daun mint. Sedangkan peralatannya adalah blender, mangkuk, pisau dan talenan, mari mulai membuatnya. Potong terlebih dahulu bengkoangnya, bengkoang yang di gunakan adalah, bengkoang tanpa kulit. Potong dalam ukuran dadu, kemudian letakkan ke dalam mangkuk, lanjutkan dengan memotong tomat ceri, tambahkan diatas potongan bengkoang. Kemudian ambil bawang putih tunggal yang telah di kupas, masukkan semuanya ke dalam blender, tambahkan juga daun mint untuk memberi efek menyegarkan. Haluskan dengan kecepatan sedang, agar semuanya tercampur rata. Terakhir tuangkan ke mangkuk kecil, dan tambahkan minyak zaitun, aduk rata. Nah, itu dia teorinya, selanjutnya selamat mencoba di rumah anda.

Kandungan insulin, vitamin C, dan antioksidan dalam bengkoang dapat membantu proses penurunan kolesterol dalam darah, di tambah dengan tomat ceri yang melengkapi vitamin C nya. Sementara bawang putih tunggal juga memiliki kandungan yang sangat baik, yang melawan kolesterol. Konsumsi dua kali sehari untuk menjaga kadar kolesterol anda tetap normal, hidup yang sehat tentunya sebuah anugerah yang menyenangkan bukan. Demikianlah, moga-moga bermanfa'at

Salam Steemian Indonesia 💫

~Keep writing~

image

Salam Sahabat Inspiratif