Tugu Monas (Monumen Nasional) Jakarta

in #story7 years ago

Hallo sahabat steemit

Ini saya mau membagi cerita tentang monas ke sahabat sahabat steemit.bagaimana bentuknya monas dan gmnaa di pandang dari jauh nya monas dan saya sendiri pernah juga mengunjungi tempat tersebut!!

image

image

Monas atau Monumen Nasional merupakan ikon kota Jakarta. Berlokasi di pusat kota Jakarta, menjadi tempat wisata dan pusat pendidikan yang menarik bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Monas didirikan pada tahun 1959 dan diresmikan dua tahun kemudian pada tahun 1961.

image

Monas mulai dibangun pada bulan Agustus 1959. lengkap bangunan Monas oleh para arsitek Indonesia yaitu Soedarsono, Frederich Silaban dan Ir. Rooseno. Pada tanggal 17 Agustus 1961, Monas diresmikan oleh Presiden Soekarno. Dan mulai dibuka untuk umum sejak tanggal 12 Juli 1975. Sementara

wilayah taman hutan kota di sekitar Monas kenal dengan nama Lapangan Gambir. Kemudian sempat berubah nama beberapa kali menjadi Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas dan kemudian menjadi Taman Monas.

image

  1. Ukuran dan Isi Monas
    Monas dibangun setinggi 132 meter dan bentuk lingga yoni. Seluruh bangunan ini dilapisi oleh marmer

  2. Lidah Api
    Di bagian puncak ada cawan yang diatas ada lidah api dari perunggu yang tinggi 17 meter dan diameter 6 meter dengan berat 14,5 ton. Lidah api ini dilapisi emas seberat 45 kg. Lidah api Monas terdiri atas 77 bagian yang disatukan.

  3. Pelataran Puncak
    Pelataran puncak luasnya 11x11 m. Untuk mencapai pelataran puncak, pengunjung bisa menggunakan lift dengan lama perjalanan sekitar 3 menit. Di seberang lift ada tangga darurat. Dari pelataran puncak Monas, pengunjung bisa melihat gedung-gedung pencakar langit di kota Jakarta. Bahkan jika udara cerah, pengunjung bisa melihat Gunung Salak di Jawa Barat maupun Laut Jawa dengan Kepulauan Seribu.

  4. Pelataran Bawah
    Pelataran bawah luasnya 45x45 m. Tinggi dari dasar Monas ke pelataran bawah yaitu 17 meter. Di bagian ini bisa melihat Taman Monas yang merupakan hutan kota yang indah.

  5. Museum Sejarah Perjuangan Nasional
    Di bagian bawah Monas ada sebuah ruangan yang luas yaitu Museum Nasional. Tingginya itu 8 meter. Museum ini menampilkan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Luas dari museum ini adalah 80x80 m. Di sisi luar museum ada 12 diorama (jendela peragaan) yang menampilkan sejarah indonesia dari zaman kerajaan-kerajaan nenek moyang bangsa indonesia sampai g30S pKI.

Thaks sahabat stemit
Jangan lupa difolow@riskamulyana
Bangkit stemit!!

Sort:  

Artikel yang bagus.. telah kami upvote yaa.. :-}