Youtube Channel #1 - Taufik Al Mubarak Channel Reborn

in #travel6 years ago (edited)

Sebelum berangkat ke Kamboja dan Vietnam, channel YouTube saya, Taufik Al Mubarak, masih aktif. Namun, tiga hari menjelang keberangkatan, saya menerima sebuah email, dari Youtube. Email itu bagaikan petir di siang bolong. Isinya: channel saya ditangguhkan (Channel saya ini sudah memiliki 1000 subscriber, dan sudah menghasilkan recehan dollar untuk saya). Musnahlah segala harapan dan rencana-rencana yang saya susun. Bahkan saya mulai tidak bersemangat lagi untuk traveling.

Rencana perjalanan ke dua negara di Asia Tenggara itu tidak mungkin saya batalkan. Pertama, saya sudah membeli tiket pesawat jauh-jauh (Juli 2017). Kedua, saya belum pernah keluar negeri lagi setelah tahun 2010. Kalau dihitung-hitung, berarti sudah 7 tahun saya tidak bepergian. Sebenarnya ada satu alasan lain, yang justru membuat saya bertambah semangat untuk segera berangkat ke Kamboja dan Vietnam: S.T.E.E.M.I.T


Source

Ya, sekali pun saya tidak memiliki channel Youtube lagi, minimal saya masih bisa mengupdate tulisan berisi kegiatan traveling di akun steemit @acehpungo (sialnya, hal itu juga belum maksimal saya lakukan). Saya sempat menulis di steemit mengenai aktivitas traveling saya di Kamboja dan Vietnam di bawah tema Travel Pungo yang sampai tulisan ini saya tulis masih berisi #3 tulisan. Entah kenapa edisi Travel Pungo tidak berlanjut, apakah karena terlalu banyak bahan, sehingga menyulitkan saya memilah-milah mana yang harus saya tulis duluan atau justru karena saya sedang tidak bersemangat menulis.

Satu hal yang bisa saya sampaikan, bahwa edisi Travel Pungo akan tetap berlanjut. Saya akan mencoba mencicilnya satu-persatu. Soalnya, banyak hal menarik yang saya lihat dan alami selama traveling, dan terlalu naif jika saya tidak membaginya dengan pembaca, terutama yang sudah bersedia menjadi pengikut saya di steemit.

Selama di Kamboja dan Vietnam, saya merekam banyak gambar dan video. Mulai dari kehidupan malam di Siem Reap maupun di Ho Chi Minh hingga mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Phnom Penh seperti Killing Field, Museum dan Candi; dari melihat-lihat tengkorak korban pembantaian Pol Pot di Kamboja hingga persenjataan Amerika dalam perang Vietnam di War Remnants Museum. Semua itu adalah 'oleh-oleh' terbaik dari perjalanan selama 10 hari ke Kamboja dan Vietnam (serta Malaysia).

Lalu, kenapa saya membuat Channel lain di Youtube setelah channel pertama saya ditangguhkan? Ini tentu saja pertanyaan bagus. Saya tidak bisa menjadi secara pasti apa alasannya. Namun, setiap hari saat membuka smartphone dan laptop, saya melihat ratusan ribuan foto dan ratusan video yang saya rekam selama traveling. Menjadi sia-sia jika video itu tidak saya posting di Youtube atau medium lain, yang memberi akses kepada teman-teman untuk menikmatinya.

Atas dasar itu pula, Channel Taufik Al Mubarak, terpaksa saya hidupkan kembali (saya bikin baru), sekali pun saya harus memulai dari nol. Kenapa dari nol? Karena saya harus upload video secara rutin, menggaet subscribers, dan mempromosikan ke sana ke mari agar memiliki viewers. Jika tidak, maka channel baru ini tidak bisa dimonetise atau dipasang iklan.

Maka, sambutlah Channel YouTube saya di Taufik Al Mubarak. Jangan lupa subscribe ya teman-teman.


Source

Sort:  

Semoga menjadi perjalanan yang menyenangkan BG @acehpungo

Terima kasih...ya, sebuah perjalanan yang sangat menyenangkan.

Kiri kanan beutameng pokok jih, lanjutkan dan beu semangat sabe.

Bereh pak ketua....asai na hu lampu sabe na tanyoe. Youtube nyan hanjuet ta tinggai, karena trep ka tamulai inan...hahaha

Yang penteng bek sampe pungo neu pike ata nyan.

Hahaha...munyoe ka pungo, tapiyoh laju bagah-bagah haha

Hahaha... neu bithe beu awai mangat na pertolongan pertama.

Siap! hahaha

Beumehase bg
Lanjutkan semoga sukses.

Teurimong geunaseh. Cuma agak hek jinoe: harus na 4000 view dalam sijuem dan 1000 subscriber baro juet ta daftar monetize

Jangan bersedih ya,, tetap lanjutkan saja..

Hahaha....sedih sudah saya hapus dari kamus hidup saya kwkwkw

Wah asyik jalan2 ke luar negeri😝

Iya, namanya jalan-jalan, pasti asik lah. apalagi ke luar negeri...

Belum kenal dia siapa @acehpungo. Si YouTube nyan suwah Taba bak tutue Trueng Campli sigo Tapakat kawe seumilang....haha

Nyan keuh, payah lon lapor bak Bg Musmarwan sang kiban meucuhu Trueng Campli nyan