Natuna, Saya Khawatir pada Mu

in #zzan4 years ago


Sumber

Jujur saya agak khawatir ketika jet-jet tempur jenis F-16 TNI Angakatan Udara Indonesia meraung-raung berpatroli di atas Pulau Natuna. Meski dari sisi yang lain, saya bangga karena melihat TNI kita tak gentar dengan China, negara besar dengan kekuatan yang jauh melebihi kekuatan militer Indonesia.

Rasa khawatir saya, patroli udara akan membuat kawasan tersebut semakin memanas. Apa lagi kita tahu, China selalu bandel pada aturan internasional. Mereka tak peduli pada tekanan. Selalu mau menang sendiri.

Hal ini tentu sajabis amembuka ketegangan semakin melebar. Saya takut kalau pecah perang karena sikap China yang mengklaim sepihak atas laut China selatan di wilayah Natura bagian utara itu.

Kekuatan militer China, dibandingkan Indonesia bagaikan siang dan malam. Begitu kontras. Begitu jauh perbedaannya.

Semoga saja ada pihak ketika yang bisa melobi China agar segera keluar dari wilayah ZEEE Indonesia dan tak ngotot pada istilah Nine Dash Line yang selalu merega gadang-gadangkan.

Empat pesawat jet tempur F-16 yang terbang di ata slaut Natuna berasal dari Skuadron 16 Pangkalan Angkatan Udara Roesmin Nurjadin di Pekanbaru.